Home » , » Tips Merawat Barang Berbahan Kulit

Tips Merawat Barang Berbahan Kulit

barang berbahan kulit
Sumber : pixabay.com

Barang yang terbuat dari bahan kulit asli akan terlihat unik, vintage dan berkelas, sehingga tidak sedikit orang yang menggemarinya. Namun perawatannya yang cukup merepotkan terkadang membuat orang berpikir dua kali untuk memiliki barang berbahan kulit. Apalagi harganya bisa sampai berlipat-lipat dari barang biasa.

Bagi Kamu yang sudah punya barang berbahan kulit asli, berikut ini beberapa tips supaya barangnya tetap awet.

HINDARI MUSUH UTAMA BAHAN KULIT : JAMUR

Barang berbahan kulit memang jadi sasaran jamur. Terkadang sangat menyebalkan jika barang kesayangan malah jamuran. Berikut ini cara-cara untuk menghindari jamur:


1. Jangan terlalu lama disimpan di lemari atau ruang tertutup. 

Terkadang saking sayangnya kamu hanya memakainya pada acara spesial, selebihnya disimpan di lemari. Ini tentu salah besar, disimpan di lemari tidak akan membuat barang berbahan kulit kamu tahan lama. Justru malah akan membuatnya berjamur. Udara lembab di lemari sangat cocok untuk jamur. Maka sebaiknya diangin-anginkan di luar ruangan secara rutin.

Kunci : Angin-anginkan barang berbahan kulit di luar ruangan.

2. Jaga agar tetap kering 

Salah satu cara agar menghindari jamur adalah dengan menjaga bagian kulitnya tetap kering, terutama bagian dalamnya. Gunakan silica gel, masukan ke dalam. Silica gel dapat membuat bagian dalamnya tetap kering, mengurangi kelembaban dan menghilangkan bau. Tetapi silica gel juga tetap ada batasannya, kamu tetap perlu membukanya dan membiarkannya terbuka di luar ruang agar tidak lembab.

Kunci : Gunakan silica gel pada bahan berbahan kulit khususnya tas dan sepatu.

3. Gunakan Cuka

Solusi aman nan murah adalah menggunakan cuka. Caranya siapkan spons yang sudah dibasahi air, teteskan sedikit cuka diatas spons tersebut, kemudian usapkan ke seluruh permukaan kulit. Keringkan dengan menggunakan lap kering lembut dan tidak berbulu. Simpan kembali di tempat semula setelah benar-benar kering.


CUCI DENGAN CARA YANG TEPAT

Barang berbahan kulit sebenarnya kuat, dan kamu jangan terlalu khawatir terkena kotoran dan debu. kamu bisa mencucinya dengan cara yang tepat, agar tetap bersih dan awet. Mencuci barang berbahan kulit tidak seperti mencuci barang berbahan kain, sangat berbeda. Berikut ini caranya:
1. Campurkan air dan sabun mandi ke dalam ember.
2. Oleskan cairan sabun dengan menggunakan tangan.
3. Jika ada bagian yang perlu disikat, gunakan sikat gigi dengan ujung lembut.
4. Bilas sampat sabunnya hilang.
5. Jemur di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.
6. Biarkan sampai kering, untuk bagian dalam dapat menggunakan hair dryer namun jangan terlalu dekat dengan permukaan kulitnya, pakai dari jarak yang wajar dan tidak hanya fokus pada satu titik.
7. Oleskan body lotion pada permukaan kulit, setelah barang benar-benar kering.
8. Jika tidak menggunakan body lotion dapat juga menggunakan baby oil. Gunakan lap kecil lembut, teteskan baby oil ke lap dan ratakan ke seluruh permukaan kulit.


KHUSUS JAKET KULIT

1. Gunakan body lotion untuk membersihkan bagian permukaan jaket kulit yang dipakai sehari-hari. Body lotion tidak hanya akan membuat jaket kulit kembali bersih tetapi juga menjadikannya mengkilap.

2. Simpan jaket dalam posisi digantung dengan hanger. Jangan pernah menyimpan jaket kulit dengan melipatnya lalu disimpan dalam lemari bersama tumpukan baju lain. Jaket kulit biasanya lebih kaku dan lebih tebal, jika dipaksa dilipat akan membuat jaketmu kusut dan keriput bekas lipatan.

3. Jika memungkinkan lebih baik laundry jaket kulitmu di tempat khusus yang menyediakan layanan laundry pakaian berbahan kulit.


KHUSUS SEPATU KULIT

1. Jangan simpan sepatu kulitmu di dalam kardus apalagi jika disimpan dalam waktu lama. Sepatu kulit lebih baik disimpan di rak sepatu saja, terkena angin dan udara luar. Jika disimpan di dalam kotak sepatu akan memicu tumbuhnya jamur karena udara lembab dan tidak ada udara segar yang masuk.

2. Hindari menggunakan sikat sepatu, karena beresiko membuat permukaan kulit rusak. Cara ini banyak dipakai, namun sebenarnya tidak tepat. Lebih baik gunakan lap kering yang lembut, bisa berbahan katun dan tidak berbulu, dan gunakan conditioner untuk melapisi permukaan kulit sepatumu. Gosokan dengan perlahan agar mengkilap, dan tetap keren dan awet.

3. Jika sepatu kulit terkena basah air hujan, disinilah biasanya muncul kekhawatiran. Ketika berangkat kerja cerah tapi tiba-tiba hujan besar saat pulang, sepatu kulitmu bisa basah kuyup. Jangan khawatir! Pertama keringkan sepatu kulitmu dengan lap kering, simpan sepatunya diatas koran bekas yang kering dan bersih, dan masukan juga buntelan koran ke dalam sepatu. Sisa-sisa air akan diserap oleh koran. Jemur di tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari.

Demikian tips untuk merawat barang berbahan kulit, semoga bermanfaat! Klik label "general" untuk mendapatkan informasi seputar hal-hal umum.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. Thanks for sharing.. Mau tahu lebih banyak tentang teknik penyamakan bahan kulit beserta aplikasinya dalam kehidupan kita?.. Download E-Book tutorialnya yuk di Fitinline..

    BalasHapus

Translate to Your Language