Home » , , » TIPS Mencari Harga Termurah untuk Online Shop

TIPS Mencari Harga Termurah untuk Online Shop

OL Shop
Online Shop

Online shop menjamur dimana-mana terutama di web marketplace. Dari sekian banyak online shop tersebut tentu ada yang menjual lebih murah untuk barang yang sama. Bagi Anda pembeli retail ataupun reseller tentu ingin harga yang lebih rendah untuk barang yang sama, demi berhemat ataupun demi mengambil profit sedikit lebih banyak.

Namun sebelum beranjak ke tips untuk mencari harga termurah untuk online shop, berikut ini resiko mengambil barang dengan harga yang lebih murah bagi pembeli dan reseller:

1. Barang yang lebih murah belum tentu kualitasnya sama dengan yang lebih mahal.

Inilah faktanya, barang yang lebih murah lebih beresiko pada kualitasnya. Bisa saja barang tersebut lebih murah karena memang kualitasnya di bawah dari barang pembanding. Misalnya Anda berniat membeli sepatu KW super merk tertentu, di satu toko harganya 300 ribu sementara di toko lain harganya 250 ribu. Bisa jadi kedua barang tersebut memang beda, walaupun fotonya sama, di toko pertama KW super sementara di toko kedua KW20 mungkin. Ini karena kebanyakan tidak mengambil foto sendiri tetapi mengambil foto yang sudah ada. Bisa jadi fotonya adalah foto produk asli.

2. Barang baru atau barang bekas

Terkadang kita tidak teliti karena kebanyakan dari kita tidak membaca sampai tuntas deskripsi barang. Apakah barang yang lebih murah tersebut barang baru atau bukan, lihat secara detail pada deskripsi barang. Resiko belanja online adalah kita tidak pernah tahu barangnya sebelum barang sampai di tangan kita. Walaupun ada foto yang membantu kita 'membayangkan' barangnya seperti apa, namun untuk barang tertentu hanya foto saja tidak cukup, terkadang perlu dicoba, diraba dan dirasakan terlebih dahulu.

3. Kualitas pelayanan

Barang murah terkadang diimbangi dengan kualitas pelayanan yang buruk, seperti tidak profesional, tidak responsif, respon lambat, jangka waktu antara pesan sampai dengan barang diantarkan ke kurir lama, dan sebagainya.

Berikut ini tips untuk mencari dan mendapatkan harga termurah untuk online shop

1. Cari barang murah di web marketplace.

Cara inilah yang pertama terpikirkan. Jika Anda penggemar online shop tentu tahu dengan Tokopedia dan Shopee, setidaknya 2 web ini lebih familiar untuk saya. Banyak supplier, distributor atau bahkan produsennya juga sekaligus importirnya yang langsung berjualan di web tersebut.

Dalam rantai distribusi setidaknya ada 5 pihak, yaitu:
1. Produsen
2. Importir (Jika produsen di luar negeri)
3. Distributor / Agen
4. Retailer/ reseller/ dropshipper
5. Konsumen/ end user

Dari sini terlihat sebenarnya kenapa harga bisa jauh lebih murah daripada harga jual retail. Mereka (produsen/ importir/ distributor) bisa berjualan retail langsung ke end user dengan memotong jalur distribusi.

Sebelum memutuskan membeli barang yang lebih murah di web marketplace sebaiknya Anda cari tahu terlebih dahulu kondisi produknya, apakah baru atau bekas, asli atau palsu, kualitasnya bagaimana. Kebanyakan deskripsi dan spesifikasi produk tidak disebutkan secara detail, oleh karena itu harus ditanyakan lebih lanjut. Selain itu, ada filter lainnya yang yaitu reputasi toko serta ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya. Perhatikan ulasan dan komentar pembeli sebelumnya apakah baik atau tidak.

sortir pencarian di shopee
Contoh sortir hasil pencarian dengan keyword "celana jeans" di salah satu web marketplace
Untuk mencari barang termurah sebenarnya di setiap web marketplace sama saja caranya hanya istilah yang digunakan saja yang berbeda. Kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur sortir barang. Pilih susun daftar dari harga termurah sampai dengan termahal, atau sebaliknya. Namun jika disusun hanya berdasarkan harga terkadang tidak relevan, seringnya barang yang harganya paling murah tidak ada stoknya begitu ditanyakan. Ini karena banyak toko online yang memakai strategi dengan memasang harga termurah agar menarik pengunjung. Solusi untuk itu, Anda harus membandingkan hasil sortir berdasarkan harga dengan hasil sortir berdasarkan penjualan dan posting paling baru.

sortir
Contoh sortir hasil pencarian dengan keyword "celana jeans" di salah satu web marketplace

2. Cari barang langsung ke produsennya/ importirnya/ distributornya

Sekarang sudah jaman internet, kita bisa mencari langsung ke website resmi produk yang spesifik. Produk lokal dapat dicari langsung ke produsennya sementara untuk produk luar dapat dicari langsung ke importirnya, atau biasanya disebut sebagai master distributor.

Untuk cara ini, Anda memerlukan modal agak besar karena biasanya pada level produsen/ importir/ distributor hanya akan melayani pembelian dalam jumlah banyak. Terutama untuk mendapatkan harga termurah, yang bahkan bisa lebih murah daripada harga di online shop milik produsen/ importir/ distributor tersebut.

Cara ini memiliki tingkat resiko sangat besar dan cukup sulit melakukan negosiasi jika Anda hanya reseller kecil. Resikonya akan lebih besar jika Anda tidak pintar membaca pasar, karena barang yang dibeli dalam jumlah banyak tersebut mungkin tidak laku di pasaran. Terkadang ada juga yang menyediakan sistem titip jual (konsinyasi) yaitu barangnya bisa Anda ambil terlebih dahulu, pembayaran dilakukan hanya saat produknya terjual, yang tidak terjual dikembalikan. Tetapi sekarang praktek tersebut susah ditemukan, karena kebanyakan lebih memilih beli butus atau menjualnya langsung ke end user.

Untuk mencari distributor resmi/ master distributor merk tertentu, Anda dapat mencarinya melalui google search, ketikkan keyword "distributor resmi ..." atau "master distributor...". Namun, tetap lebih baik jika Anda mendapatkan nomor kontak langsung bagian sales/ marketing distributor yang bersangkutan dari kolega/ jaringan pertemanan Anda. Beberapa distributor lain pun ada juga yang memang harus didatangi langsung.

Demikian tips mencari harga termurah untuk online shop. Anda juga dapat mencarinya dengan menggunakan situs pembanding harga seperti pricearea, priceza, pricebook dan sebagainya. Namun cara ini cukup merepotkan namun hasilnya kurang memuaskan, karena situs tersebut kebanyakan menampilkan harga retail sebenarnya alias harga untuk end user bukan reseller/ dropshipper.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language