Home » , » Beberapa Hal yang Perlu Anda Cari Tahu Mengenai Venue Pernikahan

Beberapa Hal yang Perlu Anda Cari Tahu Mengenai Venue Pernikahan

wedding ceremony
Tempat untuk Mengadakan Resepsi Penikahan

Upacara dan resepsi pernikahan tidak harus dilakukan di gedung mewah ataupun tempat ibadah seperti kebanyakan orang. Pilihan-pilihan alternatif venue pernikahan saat ini banyak sekali, bisa di kebun kecil jika temanya outdoor, kafe, tempat rekreasi, pegunungan, villa, kolam renang, pantai, areal persawahan ataupun lokasi unik lainnya.

Menemukan lokasi/ venue resepsi pernikahan bisa dibilang gampang-gampang susah. Bahkan kata orang jodoh-jodohan, ini karena tidak semua tempat dapat mengakomodir kebutuhan untuk resepsi pernikahan. Saat akan survey venue resepsi sebaiknya anda membuat daftar pertanyaan yang akan ditanyakan kepada pihak yang menyewakan tempat tersebut. Agar informasi yang diperlukan dapat dihimpun dalam satu kali kunjungan.

Ada dua hal yang menjadi pertimbangan utama dalam menentukan venue pernikahan, yaitu tema dan budget. Tema pernikahan menjadi pertimbangan utama anda memilih venue beserta dekorasinya. Beberapa tema pernikahan yang populer diantaranya adalah tema pernikahan adat (Jawa, Sunda, Batak, Bali, Betawi), tema shabby chic, tema rustic, tema glamour, tema klasik, tema sederhana, tema pantai, tema outdoor taman, tema outdoor pegunungan, tema cherry blossom, tema vintage, dan tema islami.

Anda bersama pasangan harus menentukan konsep/ temanya terlebih dahulu. Jika kebingungan tidak ada salahnya meminta saran dan masukan dari orang tua, apalagi jika tamu undangannya lebih banyak dari pihak orang tua. Bagi kebanyakan orang tua, resepsi pernikahan anak tidak hanya sebagai ungkapan kebahagiaaan tetapi juga merupakan sarana untuk bersilaturahmi dengan teman lama, kolega ataupun rekan bisnis.

Jika dikategorikan secara sederhana ada indoor, outdoor ataupun gabungan keduanya. Kebanyakan calon pengantin yang kekinian lebih memilih tema pernikahan outdoor (karena mungkin lebih instagramable). Bertolakbelakang dengan kebanyakan orangtua yang menginginkannya tema indoor, selain tidak ada resiko acara gagal karena cuaca, juga mempertimbangkan saudara/ ibu/ bapak/ teman/ rekan yang sudah cukup berumur. Beberapa venue dapat menggabungkan tema indoor dan outdoor bersamaan, namun tentunya harga sewanya juga jauh lebih besar.

Berikut ini daftar informasi dan pertanyaan yang harus dihimpun saat survey venue resepsi pernikahan:
  1. Serapakah biaya sewanya dan apa saja yang anda dapat dengan biaya sewa tersebut?
  2. Berada dimanakah venue tersebut? karena di beberapa area tertentu tidak diijinkan ada keramaian lebih dari jam 9 malam.
  3. Fasilitas apa saja yang tersedia di venue tersebut? Cek dengan detail apakah dapat memenuhi keingingan anda dan sesuai dengan tema.
  4. Kapasitas/ daya listrik yang tersedia berapa watt?
  5. Berapa charge tambahan jika anda memerlukan tambahan daya?
  6. Tersediakah sound system? Jika ada coba cek apakah sesuai dengan spesifikasi yang anda perlukan.
  7. Sound system yang ada apakah termasuk biaya sewa venue? Jika sudah termasuk harga sewa, coba tanyakan dapatkah harga sewanya diturunkan apabila anda tidak akan memakai sound system bawaan venue tersebut.
  8. Berapa banyak tersedia gerbang masuk/ keluar?
  9. Apakah tersedia area parkir? Seluas apa area parkirnya?
  10. Mintalah peta, kemudian ilustrasikan rute perjalanan pengantin, tamu undangan, dan lainnya.
  11. Apakah ada biaya lain yang mungkin belum disebutkan, seperti biaya keamanan, ijin keramaian, dan sebagainya?
  12. Tanyakan juga mengenai staf tempat di venue yang akan disewa, anda harus pastikan stafnya dapat mengelola acara anda secara profesional.
  13. Apakah ada penginapan di sekitar venue yang mungkin dapat anda jadikan 'home base' pengantin, keluarga dan tamu undangan tertentu? Ini sebagai akomodasi untuk keluarga atau tamu undangan yang berasal dari luar kota/ luar negeri.
  14. Lihat sekeliling venue dan kondisinya secara menyeluruh, apakah sesuai tema? apakah ada cahaya alami untuk para fotografer/ videografer? apakah dekat dengan keramaian yang mungkin dapat mengganggu acara anda? dan lihat kemungkinan-kemungkinan lain.
  15. Jika acaranya malam hari anda harus pertimbangkan mengenai kebutuhan listrik yang lebih besar.
  16. Jika acaranya outdoor, pertimbangkan cuaca dan kebutuhan untuk menyewa tenda. 
  17. Jika upacara pernikahan dilakukan di tempat yang berbeda, anda harus perhitungkan waktu, jarak dan transportasi menuju ke tempat resepsi pernikahan.
Pada dasarnya pertanyaan mengenai venue ini berkembang tergantung dari pembicaraan dan tema yang anda mau. Namun biasanya informasi mendasar yang dibutuhkan, dapat digali berdasarkan pertanyaan-pertanyaan diatas.

Beberapa manajemen venue biasanya menawarkan jasa lain, entah itu disediakan oleh mereka sendiri ataupun milik rekanan. Jadi ada baiknya anda tanyakan juga, apakah ada jasa lain yang bisa dimasukan ke dalam paket sewa venue, seperti katering, dekorasi, penyewaan sound system, penyewaan genset (pembangkit listrik cadangan), dan sebagainya. Namun anda harus jeli dan teliti dengan penawaran yang diajukan, karena ada kemungkinan paket yang ditawarkan justru akan lebih mahal dari semestinya.

Pilihlah tempat yang sesuai namun jangan kebanyakan galau. Semakin cepat anda memilih tempat semakin baik, harga kemungkinan besar masih belum naik. Beberapa tempat yang sedang populer biasanya memerlukan booking minimal 8 bulan sebelum resepsi, ada juga yang satu tahun sebelumnya (atau lebih).

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

  1. terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2Amt3qN

    BalasHapus

Translate to Your Language