Home » , » Guidance: 13 Langkah Merencanakan Pernikahan

Guidance: 13 Langkah Merencanakan Pernikahan

menikah, pernikahan
Pernikahan dengan simbol memakaikan cincin di jari pasangan

Merencanakan pernikahan bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Kemungkinan ada drama dan pertikaian karena perbedaan keingingan tidak hanya dua orang calon suami-istri juga keinginan masing-masing keluarga calon. Ini artinya menyatukan ide dan keinginan minimal dari 6 orang, yaitu Calon Pengantin Pria (CPP), Calon Pengantin Wanita (CPW), ayah dan ibu CPP serta ayah dan ibu CPW. dalam satu acara resepsi.

Anda harus bersyukur seandainya para orang tua mendukung penuh namun tidak terlalu ikut terlalu dalam merencanakan pernikahan dan resepsinya. Biasanya orang tua yang mendukung penuh menyerahkan semua konsep kepada calon mempelai, namun tetap ikut memonitor perkembangannya.

Jika anda dan calon suami/ istri berkarir dan sibuknya luar biasa, anda dapat memilih untuk menggunakan jasa Wedding Planner atau Wedding Organizer (WP/ WO), ada banyak sekali WO namun hanya beberapa yang dapat direkomendasikan. Namun, jika anda memilih untuk mengambil tantangan dan merencanakan sendiri pernikahan, simak berikut ini 9 langkah untuk merencanakan pernikahan agar tertib, terorganisir, aman dan lancar.


1. Siapkan Metode Pencatatan dan Dokumentasi yang Baik

Pencatatan dan dokumentasi ini penting sekali dalam menentukan perencanaan berjalan sesuai keinginan, menghemat biaya, membantu mengawasi segala sesuatu yang sudah diputuskan, mengorganisir tindakan dan menjalankan langkah selanjutnya. Ini artinya sebelum memulai sesuatu, buatlah sebuah daftar catatan mengenai hal-hal yang perlu dicari, ditanyakan dan diputuskan.

Siapkah sebuah map/ folder plastik yang agak tebal untuk menyimpan daftar perencanaan, bukti pembayaran, referensi tempat, foto/ gambaran dekorasi yang diinginkan, kliping yang diperlukan, dan sebagainya. Simpan semuanya dalam satu tempat agar lebih terorganisir. Map/ folder tertentu dapat menyematkan TAG untuk mengkategorikan dokumentasi anda.

Jika anda termasuk orang yang kekinian, anda dapat menggunakan aplikasi di gadget ataupun software di komputer anda. Dengan ini akan lebih mudah menuliskan apa yang direncanakan dan apa yang sudah dilakukan. Kedua cara ini, dokumentasi dan perencanaan secara manual (fisik) dan digital dapat dikombinasikan agar perencanaannya lebih baik dan lebih mudah.

Jika anda mencatat apa-apa yang akan dilakukan, langkah anda lebih efektif dan efisien. Misalnya ketika anda berdua survey ke calon lokasi resepsi, sebaiknya buat daftar pertanyaan untuk ditanyakan ke manajemen/ pemilik lokasi. Tujuannya agar anda dapat mengecek dan mengumpulkan informasi dalam satu kali kunjungan. Hemat waktu dan hemat biaya transportasi.

Artikel: Daftar pertanyaan dan informasi yang harus diketahui mengenai lokasi resepsi pernikahan

Jangan lupa untuk menyimpan segala sesuatu yang berhubungan dengan perencanaan ini dalam satu folder/ map. Sewaktu-waktu anda pasti membutuhkannya. Dokumentasi dan pencatatan yang teratur dan baik akan membantu mengurangi tingkat stress anda ketika merencanakan pernikahan ini.


2. Anggaran Pernikahan

Inilah yang menjadi titik tolak perencanaan anda, tetapkan anggaran pada angka tertinggi yang mampu disediakan. Ini sangat penting, anda harus taat pada anggaran yang ditetapkan dan tentunya realistis. Jangan pernah berpikir untuk mengambil pinjaman untuk biaya resepsi pernikahan. Meniti kehidupan setelah pernikahan jauh lebih penting ketimbang anda harus memikirkan untuk melunasi utang pinjaman resepsi pernikahan.

Jadilah realistis walaupun ini merupakan hari yang paling istimewa di hidup anda. Tentukan budget yang mampu disediakan kemudian pilah-pilah pengalokasiannya, dan jika memerlukan tambahan di pos tertentu, anda dapat memotong anggaran dari pos lain. Bukan menambah budget. Kebanyakan urusan anggaran ini membengkak karena mempertahankan gengsi.

Artikel: Apa saja yang masuk ke dalam anggaran pernikahan dan prioritasnya

Perencanaan anggaran dapat dibuat fleksibel dengan menentukannya dalam angka terbesar dan angka terkecil. Prioritaskan pengeluaran pada hal yang benar-benar penting dan sesuaikan porsinya. Misalnya anggaran untuk katering wajar jika lebih besar dari anggaran untuk kartu undangan, karena sesuai porsinya. Para tamu akan menentukan ekspektasinya dari kartu undangan, semakin bagus (mahal) kartu undangan anda maka ekspektasi para tamu terhadap jamuan resepsi akan lebih besar.

Artikel: Contoh Anggaran Pernikahan

3. Atur Jadwal

Jadwal ini menyeluruh, mulai dari sebelum perencanaan, perencanaan, hari acara, dan evaluasi setelah acara. Pengaturan jadwal ini tidak kalah pentingnya dari 2 aspek sebelumnya. Pada umumnya rangkaian jadwal ini dalam kurun waktu 3 sampai dengan 12 bulan. Idealnya 12 bulan karena untuk merencanakan sebuah acara besar perlu proses yang panjang.

Ada juga yang mampu untuk merencanakannya dalam waktu kurang dari 3 bulan, namun dengan resiko budget membengkak karena tidak banyak opsi yang bisa dipilih. Dalam kurun waktu yang pendek, anda akan memiliki sedikit opsi tempat pernikahan, sedikit opsi katering yang tersedia, dan sedikit pilihan untuk hal-hal lainnya.

Artikel: Jadwal perencanaan pernikahan

Rangkaian pernikahan bisa jadi panjang sekali tergantung pada adat yang anda dan orangtua pegang. Mulai dari perkenalan dua keluarga, acara pertunangan, acara pengajian sebelum acara, acara adat tertentu, resepsi pernikahan, acara di keluarga mempelai pria, acara syukuran setelah acara, dan sebagainya.

Perencanaan yang panjang mempunyai kelebihan sebagai berikut:
- opsi tempat resepsi lebih banyak, biasanya tempat-tempat populer bahkan sudah dipesan satu tahun sebelumnya. Tempat resepsi pernikahan dapat lebih fleksibel, tidak hanya di rumah ibadah atau ruangan tertentu tetapi juga bisa outdoor dan tempat-tempat keren lainnya. Jika salah satu tempat cocok namun budgetnya tidak cocok anda dapat memilih alternatif tempat lain jika punya banyak waktu.

Artikel: Beberapa pilihan tempat resepsi keren

- beberapa katering menyediakan tes produk (makanan) cuma-cuma, biasanya kita diselipkan di acara pernikahan (entah siapa) dan mencoba masakan dari katering tersebut. Lumayan kan bisa makan gratis berkali-kali :D.

- lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan kartu undangan dan souvenir tanda terima kasih. Percaya atau tidak urusan kartu undangan juga dapat menyita waktu, tidak hanya bentuk dan jenis kartu undangannya tetapi juga isi dan kata-kata dalam kartu undangan. Untuk souvenir pilihannya sangat banyak, anda bisa memilih dari vendor lokal atau impor dari luar negeri, terkadang impor dari luar negeri bisa lebih hemat dan lebih bagus. Desainnya pun dapat sesuai dengan selera anda, dan waktu pembuatannya tidak terburu-buru.


4. Tentukan ukuran pernikahan anda

Ukuran pernikahan ini dapat anda tentukan dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:
- pernikahan seperti apa yang diinginkan mempelai?
- berapa banyak undangan?
- berapa banyak pengiring pengantin?
- berapa banyak keluarga dari pihak CPP?
- berapa banyak keluarga dari pihak CPW?
- adat apa yang akan dipakai?
- siapa yang menikahkan anda?
- berapa banyak orang yang akan hadir dalam acara pernikahan anda?
- berapa budget yang dapat disediakan?

Ukuran ini akan menentukan berapa banyak anda memesan katering dan seberapa besar tempat yang dibutuhkan. Keputusan untuk hal-hal ini sebaiknya sudah ada sebelum anda memulai rencana pernikahan. Oleh karena itu di beberapa adat di Indonesia, biasanya diadakan pertemuan antara kedua keluarga untuk membicarakan hal-hal ini.

Artikel: Tips memilih tempat untuk pernikahan

Salah satu keputusan yang harus sudah ada sejak awal adalah tempat resepsi. Semakin cepat ditentukan maka semakin baik. Luasan tempat harus mampu menampung sejumlah orang dalam satu waktu. Berapa lama durasi tempat tersebut bisa dipakai juga harus menjadi pertimbangan karena akan mempengaruhi rangkaian acara.

Di langkah ini juga anda sudah harus menentukan daftar undangan, siapa saja yang diprioritaskan untuk diundang, dan apakah perlu membuat satu area VIP. Tidak menutup kemungkinan anda harus mengundang pejabat tertentu dan harus disediakan tempat VIP untuk mereka. Pada prosesnya ada kemungkinan pengurangan dan penambahan jumlah tamu undangan, bahkan sampai dengan menjelang pernikahan.

Artikel: Perbandingan Beberapa Tempat Pernikahan Indoor

Pada langkah ini anda harus menentukan skala prioritas yang menjadi pertimbangan memutuskan sesuatu, Misalnya prioritas anda adalah budget, maka tentukan ukuran pernikahan anda berdasarkan budget dan lain-lainnya menyesuaikan.


5. Tetapkan Tanggal Pernikahan

Tanggal pernikahan tidak kalah penting. Beberapa adat di Indonesia bahkan punya perhitungan tersendiri mengenai tanggal yang baik untuk melakukan pernikahan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan tanggal ini adalah sebagai berikut:
- ketersediaan tempat acara resepsi dan ketersediaan waktu tamu undangan.
- siapakah yang anda undang untuk datang ke acara resepsi pernikahan ini? Jika undangan anda lebih banyak rekan-rekan yang bekerja Senin - Jumat maka resepsinya lebih baik di hari Sabtu atau Minggu. 
- waktu yang tepat untuk menyebarkan undangan pernikahan.
- lihat juga trend yang kemungkinan terjadi pada tanggal pilihan anda. Apakah ada kemungkinan pernikahan anda di waktu peak season? yaitu tanggal-tanggal yang banyak dipilih orang untuk melakukan pernikahan. Anda akan menemukan dalam satu waktu (satu hari) ada beberapa acara resepsi pernikahan bersamaan.
- ketersediaan pihak yang akan menikahkan anda. Pernikahan biasanya dipimpin oleh penghulu, tokoh agama tertentu (mungkin ustad, pastor, pendeta, dan lainnya) yang waktunya kemungkinan besar padat pada waktu tertentu. Beberapa membebankan biaya ada juga yang tidak, namun anda tetap harus mengalokasikan budget untuk ini sebagai salah satu cara untuk menghargai waktu yang telah diberikan mereka untuk pernikahan anda.

Artikel: Tips dalam merencanakan kartu undangan pernikahan

Penentuan tanggal ini dilakukan pada saat yang sama anda menentukan tempat pernikahan, tempat resepsi, dan (mungkin) hari baik jika anda berada pada lingkungan adat tertentu.


6. Tentukan Tema Pernikahan

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan tema pernikahan adalah adat, keinginan anda (mempelai), dan tentunya keuangan jika budget dijadikan prioritas. Beberapa pasangan memiliki mimpi mengenai bagaimana mereka akan menikah, beberapa lagi menyesuaikan dengan adat. Namun pada umumnya sebuah acara resepsi yang sukses ditentukan dari konsistensi terhadap tema. 

Kesuksesan acara resepsi pernikahan bagi pengantin adalah adanya rasa, memori dan kesan yang mendalam, jadi tidak hanya sekedar acara berjalan lancar. Oleh karena itu, ada beberapa pasangan yang mengadakan acara pernikahan unik, ada juga yang pesta habis-habisan demi mendapatkan rasa dan kesan yang mendalam agar menjadi memori yang indah. 

Tema dapat anda pilih sebebas-bebasnya, batasan mungkin dari adat atau dari orang tua, yang jelas tema tidak harus spesifik, namun harus konsisten. Tema membantu anda dalam menentukan batas-batas saat merencanakan dekorasi, pakaian, makanan, warna dan lainnya. Tema yang diusung secara konsisten akan memberikan kesan terbaik bagi anda sebagai pengantin ataupun tamu undangan. Anda bisa saja menentukan tema yang diinginkan dari jauh-jauh hari. Kunjungi tempat tertentu sebagai bahan pertimbangan anda dalam menentukan dekorasi yang diinginkan.


7. Pakaian, Aksesoris, dan Cincin Kawin

Satu hal yang pasti, memilih dan mencari gaun pengantin wanita mungkin memerlukan waktu yang cukup banyak. Berbeda mungkin bagi anda yang mempunyai budget besar, yang dapat mengalokasikan budget untuk mendesain gaun pengantin kepada desainer tertentu. Itu pun dibutuhkan waktu untuk membuatnya, minimal dua bulan tergantung serumit apa desain yang anda inginkan.

Waktu yang ideal untuk mulai memikirkan gaun cpw ini mulai dari sembilan sampai dengan sepuluh bulan menjelang pernikahan. Anda perlu melakukan riset sendiri dan menemukan keinginan anda seperti apa. Apakah perlu rancangan khusus, membeli jadi, menyewa yang sudah ada, ataukah menggunakan gaun turun-temurun?

Artikel: Tips memilih gaun untuk pernikahan anda

Anda juga harus menentukan gaun untuk para pengiring pengantin wanita, sesuaikan dengan gaun pengantin wanitanya. Usahakan agar pengantin wanita lebih terlihat 'bersinar' dan tidak tenggelam diantara para pengiring karena pilihan yang tidak tepat. Begitu juga dengan orang tua pengantin yang akan berdiri bersama-sama saat resepsi, harus disesuaikan.

Apapun keinginan anda, pertimbangkan juga adat dan budaya setempat, serta ajaran agama yang anda anut. Untuk pengantin pria biasanya tidak terlalu repot, cukup menyesuaikan dengan tema dan menyesuaikan dengan gaun pengantin wanita. Oleh karena itu, waktunya bisa lebih pendek, kurang lebih tiga sampai dengan empat bulan sebelum hari pernikahan.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah cincin kawin. Anda dapat mencarinya berdua dengan pasangan, jika tidak mau repot mencari, anda dapat memesan khusus kepada pengrajin. Namun perhatikan waktu yang dibutuhkan untuk mencarinya atau waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya. Jika anda mencari yang sudah jadi, pencarian dapat dilakukan minimal dua bulan sebelumnya. Jika pesanan khusus ke pengrajin minimal enam bulan sebelumnya, karena kemungkinan butuh waktu untuk fitting selain waktu untuk membuatnya.


8. Tentukan pihak yang akan mendokumentasikan pernikahan anda

Sebelumnya anda harus menentukan apakah akan mendokumentasikannya dengan gambar dan video ataukah hanya gambar. Untuk kemudian mencari fotografer atau videografer. Cari teman atau kolega yang menjalankan bisnis ini, mungkin akan memberikan harga spesial untuk anda. Satu hal yang pasti untuk pendokumentasian ini, anda sebaiknya menyewa fotografer dan videografer profesional dan dapat diandalkan.

Artikel: Tips memilih fotografer/ videografer untuk resepsi pernikahan anda

Anda sangat tidak dianjurkan membebankan urusan dokumentasi ini ke saudara atau orang terdekat anda, karena kemungkinan besar mereka akan ikut terhanyut menikmati acara resepsi pernikahan anda. Jika memaksakan seperti ini dan tidak menggunakan jasa profesional, kemungkinan besar anda akan kehilangan momen dan menyesal karena momen tersebut tidak terdokumentasikan dengan baik.




9. Hiburan

Tentukan hiburan untuk acara pernikahan anda sejak awal, dan sesuaikan budgetnya. Jika anda berniat menyewa jasa musisi profesional maka siapkan budget yang sesuai, namun anda juga dapat mempertimbangkan band mahasiswa tertentu dengan pertimbangan budget yang lebih rendah dan penampilan yang tidak kalah bagus, karena tentunya mereka menginginkan kesempatan untuk tampil lebih banyak di depan publik. Tetapi tetap harus disesuaikan dengan tema yang telah diusung sebelumnya.


10. Makanan, minuman dan kue pengantin

Memilih makanan dan minuman untuk resepsi dapat menjadi hal yang menyenangkan namun cukup rumit. Ini karena anda harus mencari menu yang disukai para tamu namun disesuaikan dengan kemampuan budget anda dan juga disesuaikan dengan tema. Anda tidak mungkin memilih makanan ala Jepang namun tema pernikahan tradisional dan tamu anda kebanyakan dari salah satu daerah di Indonesia. Beberapa menu tertentu memang sudah umum, disukai orang banyak dan cocok dengan tema apapun, ini mungkin akan mempermudah dalam memilih menu makanan dan minuman.

Anda harus mempertimbangkan antara menyewa katering profesional atau menyediakan sendiri makanan dan minumannya sejak dari jauh hari, minimal 6 bulan sebelumnya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa katering mungkin tersedia satu paket dengan tempat dan dekorasinya.

Artikel: Pertimbangan Menggunakan Katering Profesional atau Sendiri

Booking untuk katering profesional biasanya dilakukan minimal pada waktu 3 bulan sebelum acara, atau lebih baik dari 8 bulan sebelumnya, karena biasanya katering profesional juga punya jadwal yang cukup padat, apalagi jika katering tersebut menyediakan juga layanan penyewaan tempat resepsi dan dekorasi.

Seperti yang ditulis sebelumnya, jasa katering biasanya menyediakan tes produk (makanan) secara cuma-cuma, biasanya kita diselipkan di acara pernikahan (entah siapa) dan mencoba masakan dari katering tersebut. Anda dapat memanfaatkan hal ini :D tapi sewajarnya ya, jangan karena lapar lalu anda menelpon jasa katering untuk tes produk.

Satu lagi yang biasanya disediakan pihak katering adalah kue pengantin, kadang diberikan sebagai tambahan secara gratis kadang juga harus bayar lagi. Bagi anda dengan budget tidak terbatas mungkin akan memilih kue pengantin bertingkat-tingkat dan terpisah dari katering. Beberapa pasangan juga menjadi kue pengantin dalam daftar skala prioritas mereka, karena keberadaanya dianggap sebagai sesuatu yang sakral.

Untuk pasangan tipe ini, sebaiknya anda mencicipi kuenya terlebih dulu, cari juga kue yang sesuai dengan tema. Biasanya anda diberikan katalog berisi gambar-gambar kue pengantin, pilihlah bersama agar CPP dan CPW sama-sama menyukai kue tersebut. Anda dapat memesan kue ini minimal dua sampai dengan tiga bulan sebelum pernikahan, tergantung dari desain kuenya, jika custom desain dari anda sendiri tentu perlu waktu lebih lama dari itu. Cek lagi ke pembuatnya minimal satu bulan sebelum acara, dan ingatkan lagi satu minggu dan satu hari sebelum acara. Minta kue langsung diantar ke lokasi resepsi, dan jangan pernah memberikan tanggungjawab ini kepada siapapun selain pihak pembuat kue.

Beberapa pasangan lain punya pertimbangan berbeda bahwa kue pengantin ini biasanya tidak benar-benar dimakan, keberadaannya hanya untuk keperluan dokumentasi dan (mungkin) dekorasi, jadi yang penting ada. Jadi jika kue pengantin tidak masuk ke daftar prioritas anda, sebaiknya minta sebagai bonus dari katering, namun tetap anda harus meminta detail foto atau gambarnya seperti apa agar dapat disesuaikan dengan tema pernikahan.


11. Transportasi, Rute dan Akomodasi Tamu Luar Kota

Urusan transportasi kadang dianggap sepele, namun sebenarnya ini cukup krusial jika anda merencanakan resepsi di kota besar dengan lalu lintas padat. Beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah:
- perjalanan anda (pengantin) dari lokasi make-up ke lokasi upacara penikahan.
- perjalanan anda (pengantin) dari lokasi upacara penikahan ke lokasi resepsi. Beberapa pasangan mungkin akan memilih transportasi mewah ataupun unik, mungkin menyewa mobil mewah, mobil klasik, sepeda, kereta kuda, mobil sendiri yang dihias atau lainnya.
- beberapa kemungkinan rute perjalanan menuju tempat resepsi dari berbagai tempat (untuk tamu). Misalnya jika anda menentukan lokasi resepsi di tengah kota yang padat, anda harus menyediakan beberapa alternatif rute, dan melampirkan informasi rute tersebut di kartu undangan anda.
- rute perjalanan khusus untuk tamu dari luar kota atau luar negeri. Anda harus memastikan akomodasi untuk tamu dari luar kota/ luar negeri, khususnya untuk keluarga tertentu atau orang yang dimuliakan oleh anda, pasangan ataupun orang tua. Jika diperlukan anda dapat memesan beberapa kamar langsung dari jauh hari, minimal tiga sampai empat bulan sebelumnya agar mendapat harga terbaik dan pilihan tempat masih banyak.


12. Bulan Madu

Keputusan bulan madu ini sepenuhnya tergantung dari calon pengantin. Banyak yang memutuskan untuk tidak berbulan madu karena kesibukan ataupun karena budget namun banyak juga yang langsung pergi berbulan madu ke tempat tertentu pada malam itu juga. Satu hal yang pasti, sebagai pasangan yang baru menikah anda harus menyediakan waktu untuk berbulan madu sebagai salah satu rangkaian perencanaan pernikahan. Bicarakan dengan pasangan anda dengan detail mengenai hal ini. Cari tahu tempat bulan madu yang sama-sama diimpikan oleh pengantin minimal 6 bulan sebelumnya, untuk mendapatkan harga khusus dan memesan tempat lebih awal.


13. Technical Meeting dan Gladi Bersih

Final Technical Meeting dan Gladi Bersih hanya dapat dilakukan saat semua hal sudah pasti dan diputuskan, waktunya dapat dilakukan satu minggu sebelum acara. Namun tradisi di kita biasanya hanya dilakukan final technical meeting (tanpa gladi bersih) yang mempertemukan pengantin, keluarga, vendor, serta pihak-pihak yang berpartisipasi dalam menentukan berjalannya acara. Biasanya disebut dengan gala dinner jika disisipkan acara makan malam bersama. Pada langkah ini biasanya akan dibahas rundown acara pada hari H secara detail, dan menjabarkan peran masing-masing di saat dan waktu tertentu.


Pada dasarnya fokus pernikahan ini bukan pada resepsi anda, namun kehidupan rumah tangga yang anda jalan setelah acara tersebut. Oleh karena itu, sebelum memikirkan mengenai resepsi sebaiknya perhatikan tips berikut ini:

- Pertimbangkan kehidupan rumah tangga setelah resepsi yang akan anda jalani seumur hidup, persiapkanlah dalam skala prioritas dan dalam perspektif bahwa menikah itu cuma satu kali. Jika budget sangat terbatas, lebih baik adakan resepsi yang sederhana ketimbang mengadakannya besar-besaran namun kondisi ekonomi anda terseok-seok saat hidup berumahtangga.

- Selalu siap untuk hal-hal yang tidak terduga dan terkadang tidak sesuai rencana, terutama pada hari pernikahan. Persiapkan mental anda dan pasangan, dan juga persiapkan budget cadangan di luar budget pernikahan untuk hal tidak terduga ini, minimal 10% dari total. Jika pun budget cadangannya tidak terpakai, dapat anda alihkan sebagai modal saat memulai kehidupan rumah tangga baru.

- Tetap berpikiran positif akan membantu anda dan pasangan mengatasi tekanan dan stress.

- Anda dan pasangan dapat mengikuti konseling pra-nikah, pastikan pasangan anda benar-benar serius akan menikah dengan anda. Bulatkan komitmen dengan saling jujur dan ungkapkan keinginan serta harapan masing-masing. Lakukan hal ini sebelum anda memutuskan untuk menikah, atau minimal 9 bulan sebelum pernikahan jika anda punya waktu 12 bulan untuk merencanakannya.

- Komunikasi dan saling jujur saat merencanakan pernikahan akan membuat anda dan pasangan memiliki ikatan yang semakin erat.

- Jangan lupa berdoa tidak hanya untuk kelancaran resepsi anda tetapi juga untuk kelancaran rumah tangga anda.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language