Home » , » Apa saja yang masuk ke dalam anggaran pernikahan dan prioritasnya

Apa saja yang masuk ke dalam anggaran pernikahan dan prioritasnya

wedding reception budget
wedding reception budget

Ada empat hal yang dapat membuat calon pengantin mengalami kegalauan, yaitu keinginan, harapan orang tua, gengsi dan anggaran. Dunia akan terasa indah sekali jika keempat hal tersebut berjalan beriringan, namun yang biasanya terjadi adalah ketidaksesuaian. Keinginan kadang tidak sesuai anggaran, keinginan kadang tidak sesuai dengan harapan orang tua, harapan orang tua kadang tidak sesuai anggaran, gengsi bisa jadi yang paling tidak sesuai dengan anggaran.

Lalu bagaimana caranya keempat hal tersebut bisa sinkron dan sesuai, caranya adalah dengan membicarakannya bersama-sama dan mengontrol anggaran tersebut, karena anggaran yang menjadi titik tolak perencanaan pernikahan anda. Anda harus bersama-sama menetapkan anggaran pada angka tertinggi yang mampu disediakan. Semua pihak harus realistis dan taat anggaran, baik saat perencanaan ataupun saat pelaksanaan.

Tidak pernah disarankan mengambil pinjaman ke bank, saudara, ataupun lainnya untuk membiayai pernikahan anda. Jangan sampai awal kehidupan rumah tangga anda dibebani oleh utang dari biaya pernikahan. Ingat! Meniti kehidupan setelah menikah jauh lebih penting daripada pesta/ resepsi pernikahan. Tetap realistis walaupun hari pernikahan adalah hari paling istimewa dalam hidup anda.

Simak berikut ini hal-hal yang menjadi pertimbangan anggaran dan hal-hal yang termasuk ke dalam anggaran pernikahan serta bagaimana memprioritaskannya.

1. Tentukan besar anggaran maksimal dari yang mampu anda sediakan

Rata-rata biaya pernikahan di Indonesia kurang lebih 225 juta (Rupiah) berada pada kisaran 70 juta sampai dengan 450 juta rupiah, tergantung dari konsep, jumlah tamu, tempat resepsi (rumah/ gedung/ hotel/ outdoor). Ini mungkin tidak termasuk dengan biaya pernikahan artis, karena kemungkinan besar walaupun biaya pernikahannya ditaksir bermilyar-milyar rupiah, kebanyakan dari sponsor. Bisa jadi biayanya lebih kecil dari rata-rata.

Menyiapkan dana pernikahan ini sebaiknya dikumpulkan dari jauh hari, apalagi jika anda berniat untuk membiayai pernikahan ini sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Anda dapat meyisihkan sebagian dari penghasilan setiap bulan, mungkin sekitar 2-5 tahun. Satu hal yang pasti biaya pernikahan meningkat setiap tahunnya, jadi lebih baik mengumpulkannya dalam bentuk investasi yang tahan inflasi, misalnya dengan emas.

2. Tentukan akan menggunakan jasa Wedding Planner/ Organizer atau tidak

Merencanakan pernikahan akan sangat menguras energi, waktu dan uang anda. Oleh karena itu, bagi anda dan pasangannya sama-sama bekerja dan susah meluangkan waktu, ada baiknya untuk mempertimbangkan menyewa jasa Wedding Planner/ Organizer (WP/ WO). Ada juga pasangan yang bekerja di dua kota berbeda, biasanya menggunakan jasa ini.

Biaya jasa WP/ WO berada di kisaran 10 juta sampai dengan 25 juta, ada juga yang lebih dari itu. Jika diambil rata-rata, biayanya sekitar 17,5 juta. Anda dapat memulai kerjasama dengan WP/ WO tersebut dari sejak satu tahun sebelumnya atau lebih lama tergantung dari kesepakatan. WP/ WO yang profesional akan membantu anda untuk mengontrol anggaran, memberikan opsi dan pertimbangan-pertimbangan.

3. Tempat/ Lokasi pernikahan/ venue

Lokasinya biasanya terbagi dua, yaitu lokasi untuk upacara pernikahan dan lokasi untuk resepsi pernikahan. Tempatnya bisa dijadikan satu ataupun dipisah tergantung pertimbangan masing-masing. Tempat ibadah seperti mesjid dan gereja sudah lazim digunakan untuk upacara pernikahan, tapi banyak juga yang menggunakan lokasi resepsi untuk upacara pernikahan juga.

Berikut ini beberapa pertimbangan untuk menentukan tempat:

Perbandingan Tempat Kategori Indoor dan Outdoor

IndoorOutdoor
- biaya sewa tempat lebih rendah dari outdoor,
- biasanya sound system (seadanya)  terintegrasi dengan tempat, terkadang harus bayar lagi,
- bebas dari resiko hujan dan panas,
- jika tempatnya di rumah sendiri tentu bebas biaya sewa,
- lebih mudah ditemukan, seperti hotel ballroom/ hall, atau gedung pemerintahan
- kapasitas terbatas,
- peminatnya banyak, anda harus booking jauh-jauh hari.
- praktis dan beberapa fasilitas sudah tersedia, sudah ada restroom, panggung, meja, kursi, dan sebagainya.
- pemandangan biasa saja apalagi jika dekorasinya tidak maksimal
- Biaya sewa tempat biasanya lebih tinggi dari indoor.
- biasanya tidak termasuk sound system.
- beresiko hujan, karena itu biasanya disarankan untuk menyewa tambahan tenda
- jika dibandingkan indoor, jumlah venue outdoor lebih sedikit,
- beberapa kapasitasnya terbatas, namun jika dilakukan di taman atau area outdoor tertentu (misalnya pantai) kapasitasnya melebihi indoor,
- anda harus memikirkan lagi fasilitas restroom, panggung, meja, kursi, kebutuhan logistik dan sebagainya.
- suasana santai dan pemandangan alami

Kesimpulannya untuk tempat indoor biayanya lebih rendah, lebih praktis, dan bebas resiko cuaca tidak menentu. Namun kapasitas terbatas, peminat banyak, dan tidak istimewa.
Kesimpulannya untuk tempat outdoor biayanya bisa jadi lebih besar karena beberapa fasilitas belum termasuk. Namun dengan outdoor anda dapat menentukan tema lebih unik dan istimewa
Artikel: Perbandingan Beberapa Tempat Pernikahan Indoor (Rumah, Gedung, Hotel)


4. Katering

Urusan yang berkaitan dengan perut dan lidah yaitu makanan dapat menjadi salah satu bahan perbincangan (atau nyinyir) para tamu undangan. Anda tentu sadar, ketika bersama-sama mengunjungi acara pernikahan bersama teman-teman anda, pasti ada salah satunya yang berperan sebagai 'komentator' makanan dimana setiap makanan yang dicobanya selalu dikomentari. Entah baik atau buruk komentarnya yang jelas pihak yang sedang mengadakan acara tentu berusaha menyediakan hidangan dengan sebaik-baiknya.

Nah, berikut ini beberapa pertimbangan dalam menentukan anggaran untuk katering:
- jumlah keseluruhan orang yang datang, termasuk keluarga inti, keluarga besar dan tamu undangan. Sementara itu, makanan untuk panitia/ WO/ WP, tim katering, tukang parkir jika ada, dan keamanan biasanya terpisah. Namun ada juga yang menghitungnya masuk ke biaya katering.

- kalikan dua kali jumlah undangan dengan asumsi masing-masing undangan membawa pasangan, lalu tambahkan minimal 20% sebagai tambahan. Misalnya undangan anda 400 orang, kalikan dua menjadi 800 porsi, tambahan 200 porsi menjadi 1000 porsi.

- selain makanan utama biasanya ada juga tambahan (side dish) berupa tenda-tenda atau booth. Misalnya tenda siomay, baso, pempek, sate, cendol dan sebagainya sesuai tema. Untuk makanan di tenda-tenda ini jika satu paket dengan katering, biasanya tidak full sesuai porsi yang dipesan. Misalnya, makanan utama 1000 porsi namun untuk makanan tambahannya cuma 200 porsi. Ini harus disiasati dengan tidak mengeluarkannya sekaligus, tapi bertahap. Tipikal tamu undangan di Indonesia, semua makanan pasti dicoba, tidak peduli itu habis dimakan atau tidak.

- biaya katering dihitung per porsi, dan pihak katering yang profesional menyediakan beberapa opsi paket, mulai dari paket 35 ribu per porsi sampai dengan 150 ribu per porsi juga ada. pilihlah paket dengan cermat, jika memungkinkan bisa negosiasikan pengurangan harga per porsi atau bonus tambahan jumlah side dish.

Artikel: Pertimbangan Menggunakan Katering Profesional atau Sendiri


5. Acara

Prosesi upacara pernikahan (ijab-kabul) dan resepsi pernikahan (pesta) biasanya dilakukan bersamaan dalam satu hari, khususnya di kebanyakan adat di Indonesia. Namun sebenarnya itu tidak wajib, ada juga yang mengadakan upacara pernikahan terlebih dahulu, dan resepsi pernikahannya lain kali. Jika anggaran untuk resepsi belum ada, dapat dilakukan nikah tapi tanpa resepsi. Pertimbangannya dari calon pengantin dan keluarga masing-masing.

Selain acara utama, biasanya juga disertakan upacara adat sebagai bagian dari rangkaian acara. Ini juga anggarannya perlu anda pertimbangkan.


6. Pakaian Pengantin

Ada beberapa pilihan untuk pakaian pengantin, terutama untuk Calon Pengantin Wanita (CPW). Pakaian untuk Calon Pengantin Pria (CPP) biasanya menyesuaikan dengan pakaian CPW.

(1) Sewa lengkap dengan aksesorisnya. Anggarannya lebih rendah daripada pilihan lain, namun pilihannya terbatas. Terkadang susah mencarinya walaupun anda sudah keliling-keliling mencarinya, ini mungkin karena ukurannya tidak pas, tidak sesuai tema, tidak ada yang disukai, terlalu terbuka, modelnya sudah jadul, atau alasan-alasan lainnya.

(2) Sewa perdana adalah menyewa pakaian pengantin yang baru pertama kali dibuat khusus untuk anda dan tentunya dengan ukuran anda. Selanjutnya pakaian pengantin tersebut akan menjadi koleksi salon/ pihak yang menyewakan pakaian pengantin tersebut. Anggarannya lebih besar daripada menyewa. Untuk membuatnya pun memerlukan waktu minimal 1 bulan.

(3) Beli pakaian pengantin khusus untuk anda sendiri. Anda dapat membeli pakaian pengantin yang sudah jadi atau membuat/ menjahit baru khusus untuk anda. Tukang jahitnya pun berbeda dari yang biasa karena banyak detail untuk pakaian pengantin ini.

Salon/ penyedia jasa sewa yang profesional biasanya menyediakan 3 opsi ini, pertimbangannya tetap sama yaitu tema dan anggaran. Pertimbangan lainnya adalah pakaian ini bukan pakaian biasa, artinya harus dibuat/ dipilih dengan cermat agar pengantin tidak 'tenggelam' diantara tamu undangan. Jaman sekarang tamu undangan dandanannya bisa jadi lebih heboh daripada pengantin.


7. Dekorasi

Dekorasi inilah yang menentukan apakah acara anda berjalan sesuai dengan tema atau tidak. Ada beberapa pilihan dekorasi yang kekinian dan populer, yaitu:
  1. Dekorasi sederhana
  2. Dekorasi shabby chic
  3. Dekorasi rustic
  4. Dekorasi glamour
  5. Dekorasi klasik
  6. Dekorasi pantai
  7. Dekorasi outdoor taman
  8. Dekorasi outdoor pegunungan
  9. Dekorasi outdoor natural
  10. Dekorasi cherry blossom
  11. Dekorasi vintage
  12. Dekorasi islami
  13. Dekorasi pernikahan adat Jawa
  14. Dekorasi pernikahan adat Sunda


  15. Dekorasi pernikahan adat Batak
  16. Dekorasi pernikahan adat Bali
  17. Dekorasi pernikahan adat Betawi
Dekorasi pernikahan selalu ada bunga apapun pilihan temanya. Anggarannya benar-benar variatif, tergantung seberapa banyak bunga yang anda gunakan. Semakin banyak bunga segar yang anda gunakan maka semakin besar budgetnya, apalagi untuk dekorasi panggung. Berikut ini daftar harga bunga dan daun eceran yang mungkin dapat menjadi pertimbangan:

Bunga / DaunHarga
Mawar
Baby Breath
Krissan Spray
Cassablanca
Krissan Standart
Garbera
Kallaleli
Sedap Malam
Anthurium Bangkok
Anthurium Lokal
Gladiol
Hortensia
Rp. 2.500/ tangkai
Rp. 30.000/ ons
Rp. 15.000/ ikat / 10 tangkai
Rp. 200.000/ ikat / 5 tangkai
Rp. 16.000/ ikat / 10 tangkai
Rp. 16.000/ ikat / 10 tangkai
Rp. 3.000/ tangkai
Rp. 2.500/ tangkai
Rp. 3.000/ tangkai
Rp. 1.500/ tangkai
Rp. 1.500/ tangkai
Rp. 5.000/ tangkai

Daun Asparaga Bintang
Daun Philodendro
Sirih Belanda
Aivy
Amarantus
Krisdoren
Rp. 4.000/ tangkai
Rp. 7.000/ ikat/ 10 daun
Rp. 17.000/ ikat/ 10 daun
Rp. 15.000/ ikat/ 10 daun
Rp. 16.000/ ikat/ 10 batang
Rp. 2.500/ ikat
Ada banyak macam bunga lainnya, namun anda tidak udah pusing karena biasanya pihak dekorasi sudah menentukan harga dalam satu paket dekorasi.


8. Dokumentasi

Untuk dokumentasi ada beberapa pilihan juga, tetap mempertimbangkan anggaran dan tema, yaitu:
(1) Sewa jasa fotografer dan videografer profesional. Anggarannya lebih besar kisaran 5 juta sampai dengan 50 juta juga ada. Tergantung paket apa yang anda ambil. Anda bisa hanya mengambil paket foto saja tanpa video, karena terkadang ada pasangan yang terus-terusan diikuti videografer saat acara.

(2) Sewa jasa fotografer dan videografer baru. Jika anda punya teman fotografer dan sedang merintis usahanya anda dapat memanfaatkan ini. Biasanya anggarannya lebih rendah ataupun bahkan gratis tanpa bayaran sepeser pun. Fotografer biasanya membutuhkan portofolio profesional, dan acara pernikahan anda dapat menjadi bagian dari portofolionya. Namun jika itu teman anda sendiri, lebih baik tetap dibayar walaupun mereka menolaknya. Sekedar menghargai jasa teman yang sudah meluangkan waktunya.

(3) Dokumentasi foto dan video oleh teman, kerabat dekat ataupun saudara. Ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan, karena jika tidak profesional berarti tidak dapat diandalkan. Kemungkinan besar anda akan kehilangan momen yang tidak sempat diabadikan karena saudara yang ditunjuk sebagai fotografer 'lupa diri', ikut hanyut dalam resepsi pernikahan.

9. Kartu Undangan

Anggaran kartu undangan berada di kisaran Rp.3000 s/d Rp.40.000 per kartu, ada juga yang lebih dari itu. Namun rata-ratanya adalah Rp.20.000. Tidak perlu mengalokasikan anggaran yang besar untuk kartu undangan ini, karena hanya sekali pakai. Ada beberapa yang menyiasatinya dengan membuat kartu undangan yang memiliki fungsi lain, misalnya kalender, tatakan gelas, photo holder, dan sebagainya.

Di jaman sekarang, anda bisa membuat undangan menggunakan website, blog, email, ataupun aplikasi chatting. Bahkan sebenarnya bisa lebih efektif ketimbang kartu undangan fisik. Kartu undangan fisik biasanya dipakai untuk mengundang kolega-kolega orang tua ataupun orang yang dihormati bersama. Perbandingannya sebagai berikut:

- jika menggunakan kartu undangan fisik, sifatnya lebih formal, membuat jarak yang jelas antara yang diundang dan yang mengundang, dan tentunya butuh anggaran. Kemungkinan hadir di acara akan lebih besar ketimbang undangan via digital. Tamu yang diundang pun terukur jelas, jumlahnya berapa dan prediksi jumlah tamunya pun bisa lebih akurat.

- jika menggunakan kartu undangan digital, sifatnya non-formal dan gratisan. Anda bisa membuat undangan digital ini untuk teman dekat, teman yang berada nun jauh disana, ataupun rekan kerja. Resikonya adalah jumlah yang akan hadir tidak terukur jelas, sehingga prediksi jumlah tamu total kemungkinan akan meleset.

Buatlah kartu undangan dengan anggaran seminim mungkin namun tidak memalukan. Artinya anda harus kreatif, harga murah tetapi tidak terlihat murahan. Sebelum memesan kartu undangan sebaiknya anda membuat daftar undangannya, berapa yang akan diundang dengan menggunakan kartu undangan fisik dan berapa yang akan diundang dengan menggunakan undangan digital. Dari 400 undangan mungkin hanya setengahnya menggunakan kartu undangan dan setengahnya lagi menggunakan undangan digital.

Artikel: Tips dalam merencanakan kartu undangan pernikahan

10. Souvenir atau Ucapan Terima Kasih

Anggaran untuk souvenir berada di kisaran Rp.200 s/d Rp.40.000 per satu souvenir, ada juga yang jauh lebih dari itu. Souvenir ini kadang hanya berupa potongan kertas kecil berisi ucapan terima kasih dan sebuah permen yang ditempelkan di kertas tersebut. Namun sebaiknya, anda mengalokasikan anggaran lebih untuk souvenir. Belilah souvenir yang bermanfaat dan harganya terjangkau. Anggaran rata-rata Rp.15.000 per pcs sudah cukup.


11. Hiburan

Apalah artinya resepsi pernikahan tanpa hiburan. Beberapa pilihan hiburan untuk resepsi pernikahan yang populer di Indonesia adalah:
(1) Band lokal dengan genre musik dangdut. Ini yang paling populer digunakan di Indonesia, terkadang bisa sampai 3 malam perayaannya.
(2) Organ tunggal dengan genre musik dangdut, oldies, keroncong ataupun lainnya.
(3) Band lokal ataupun internasional, termasuk band-band lokal yang khusus untuk acara pernikahan yang juga manggung di kafe dan sebagainya. Biasanya jasa band ini dipakai di kota-kota besar, dan calon pengantin yang tidak terlalu menyukai aliran musik tertentu. Pilihan musiknya cukup luas dengan genre yang kekinian.


12. Transportasi dan Tempat Menginap

Beberapa pertimbangan untuk menentukan transportasi, rute dan tempat menginap:
- lalu lintas di sekeliling tempat acara.
- akses masuk dan keluar tempat acara.
- perjalanan pengantin dari lokasi make-up ke lokasi upacara penikahan.
- perjalanan pengantin dari lokasi upacara penikahan ke lokasi resepsi, mungkin menyewa mobil mewah, mobil klasik, sepeda, kereta kuda, mobil sendiri yang dihias atau lainnya.
- rute perjalanan menuju tempat resepsi dari berbagai tempat termasuk rute alternatifnya.
- rute perjalanan khusus untuk tamu dari luar kota atau luar negeri.
- Akomodasi untuk tamu dari luar kota/ luar negeri.

Beberapa pertimbangan untuk menentukan lokasi menginap:
- jarak antara lokasi menginap dengan lokasi acara pernikahan
- jumlah kamar yang tersedia, dan sebaiknya jarak antar kamar berdekatan
- kamar untuk lokasi rias pengantin harus dekat dengan akses pintu masuk/ keluar. Maksudnya lebih baik memilih kamar di lantai dasar agar pergerakan pengantin dan rombongannya bisa lebih bebas.
- waktu booking, biasanya lebih cepat booking akan mendapatkan potongan harga apalagi jika menyewa lebih dari satu kamar.

Pada umumnya, alokasi budget untuk venue, katering dan dekorasi sebesar 35-40% dari total budget. Sisanya untuk biaya WO, pakaian pengantin, dokumentasi dan sebagainya. Prioritas dalam merencanakan anggaran pernikahan sudah tersusun seperti di atas, namun tetap mempertimbangkan kebutuhan dan urgensi saat proses merencanakan pernikahan tersebut.

Satu hal yang pasti anda dan pasangan harus bijak mengelola anggaran ini. Ada baiknya jika anda mengunjungi pameran pernikahan untuk mencari informasi. Terkadang ada promo yang bagus saat pameran, namun tetap anda harus jeli. Anda juga dapat memperbanyak referensi tema dan budget dengan sedikit memperhatikan detail saat mengunjungi acara pernikahan teman anda.

Demikian poin-poin yang masuk ke dalam anggaran pernikahan, semoga bermanfaat!
Berikut ini contoh anggaran pernikahan yang sudah tersusun rapi lengkap dengan besaran rupiahnya.

Artikel: Contoh Anggaran Pernikahan

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 comments:

Posting Komentar

Translate to Your Language